Senin, 06 Februari 2012

Visi dan Misi

Kondisi yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Desa Pagersari dan telah menjadi kesepakatan bersama adalah menjadi desa yang maju dan sejahtera. Oleh karena itu rumusan mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir perencanaan jangka menengah yaitu tahun 2013 dan merupakan Visi Desa Pagersari adalah GOTONG ROYONG UNTUK MAJU DAN SEJAHTERA.
Visi tersebut mengandung filosofi dasar, yaitu :
1. GOTONG ROYONG merupakan roh kehidupan bermasyarakat di perdesaan dan merupakan potensi dan aset vital yang sangat mahal harganya. Dengan bergotong royong, persatuan dan kebersamaan segala kegiatan bermasyarakat, lebih-lebih di bidang pembangunan akan dapat dilaksanakan dengan ringan, mudah dan cepat. Budaya kegotong-royongan yang dikelola dengan baik maka keMAJUan akan cepat tercapai.
2. Masyarakat yang MAJU mengandung arti terwujudnya kondisi masyarakat yang berkembang dan berorientasi ke masa depan dengan bekerja keras, disiplin dan gemar membaca situasi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri. Kondisi masyarakat seperti ini akan mengantar pada terwujudnya masyarakat yang SEJAHTERA.
3.  SEJAHTERA mengandung makna terpenuhinya kebutuhan pokok manetrial dan spiritual bagi masyarakat yang ditandai dengan meningkatnya tingkat perekonomian masyarakat, prestasi anak sekolah, tingkat kesehatan masyarakat, pelaksanaan ibadah, serta keamanan dan ketertiban masyarakat.

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi. Misi Desa PAGERSARI jangka menengah tahun 2009-2013 adalah :
1.  Meningkatkan kwalitas Iman dan fasilitasi kehidupan beragama.
2.  Meningkatkan fasilitasi dasar bidang Pendidikan, Kesehata, dan Sosial Budaya.
3.  Meningkatkan kwalitas Sumber Daya Aparat Desa.
4.  Memberdayakan potensi ekonomi masyarakat desa.
5.  Meningkatkan kualitas dan pelestarian lingkungan hidup;
6.  Meningkatkan kemajuan dam kemandirian masyarakat miskin.
Dalam mewujudkan Visi melalui pelaksanaan Misi yang telah ditetapkan tersebut diatas, maka perlu adanya kerangka yang jelas pada setiap misi yang menyangkut tujuan yang akan dicapai. Tujuan pada pelaksanaan masing-masing misi adalah sebagai berikut :
1.  Misi Pertama: mewujudkan pemerintahan desa yang baik dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas aparat pemerintah desa dan Badan Permusyawaran Desa sehingga mampu memahami tugas pokok dan fungsinya, menjalin kerjasama yang baik, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat, atau prosedural, dan transparan.
2.  Misi Kedua: mewujudkan kualitas iman dan taqwa melalui pembinaan dan pengembangan kehidupan beragama, kerukunan umat beragama, dan fasilitas kehidupan beragama, mempunyai tujuan mewujudkan kualitas kehidupan beragama yang didasarkan pada pemahaman dan pengamalan ajaran agama sesuai dengan keyakinannya masing-masing dalam nuansa kehidupan yang sejuk dan penuh toleransi.
3. Misi Ketiga: meningkatkan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa,  serta menggerakkan dan menumbuh kembangkan swadaya dan gotong royong masyarakat dalam pembangunan desa, mempunyai tujuan meningkatkan kualitas anggota dan pengurus lembaga kemasyarakatan desa, mewujudkan harmonisasi dan sinkronisasi antar lembaga kemasyarakatan desa maupun dengan unsur pemerintahan desa dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan desa melalui swadaya serta gotong royong masyarakat.
4. Misi Keempat: mewujudkan perekonomian desa yang semakin kuat dengan pemberdayaan potensi unggulan desa, ekonomi kerakyatan, dan lembaga ekonomi desa dalam rangka meningkatkan daya saing dan kemandirian desa, mempunyai tujuan untuk menggerakkan seluruh potensi ekonomi kerakyatan, potensi unggulan desa, dan lembaga ekonomi desa sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan pendapatan asli desa.
5.  Misi Kelima: mewujudkan ketersediaan dan peningkatan prasarana dan sarana fasilitas umum bidang pemerintahan, perekonomian,  pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya, mempunyai tujuan untuk menyediakan dan meningkatkan prasarana dan sarana fasilitas umum bidang pemerintahan dan perekonomian, serta pelayan dasar pendidikan, kesehatan, maupun sosial budaya, sehingga dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan derajat kesehatan yang berkualitas, serta kondisi social dan budaya masyarakat yang bermoral, beretika, berbudaya, berkemampuan, dengan tidak meninggalkan nilai-nilai luhur dan adat istiadat serta budaya desa.
6.  Misi Keenam: meningkatkan kualitas dan pelestarian lingkungan hidup, mempunyai tujuan peningkatan upaya pelestarian lingkungan hidup serta pemanfaatan sumber daya alam secara seimbang.
7.  Misi Ketujuh: meningkatkan pelayanan penanganan masalah sosial, serta meningkatkan kemajuan dan kemandirian masyarakat miskin, mempunyai tujuan untuk mengurangi kesenjangan masyarakat, penanggulangan kemiskinan, sera pemberdayaan masyarakat miskin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar